Prospek Kerja K3

Prospek Kerja Lulusan K3

ImageDi Indonesia sudah cukup banyak universitas yang menyelenggarakan program studi K3, seperti :

  • D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja UNS
  • D4 Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja PPNS-ITS
  • D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja UNIBA
  • D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja UNS
  • D3 Hiperkes UNAIR
  • Serta universitas negeri serta swasta yang lainnya yang masih belum tercamtum disini…^_^

Mengingat akhir-akhir ini pemerintah baru saja mengeluarkan peraturan tentang JaFung (jabatan fungsional) di Instansi kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas sebagai ahli PNS ahli K3.

Dengan persyaratan dari D4/S1 K3/Hiperkes. Diharpkan dengan adanya peraturan tersebut, semua instansi kesehatan harus mempunyai ahli K3 khususnya K3 Rumah Sakit (K3 RS).

Berkaitan dengan adanya JaFung sebagai PNS ahli K3 RS menjadikan angin segar bahwasanya lulusan K3 itu tidak hanya di tambang atau oil and gas saja. Inilah yang menjadikan mahasiswi lulusan K3 tidak boleh merantau kerja sampai dipelosok papua atau kalimantan oleh orang tuanya. Oleh karena itu, setelah adanya MOU dengan Kemenkes tentang lulusan K3 baik D4/S1 bisa bekerja menjadi PNS sebagai ahli K3 RS menjadikan angin segar (hujan yang membasahi tanah kering) khususnya bagi mahasiswa/mahasiswi yang tidak mau atau tidak boleh merantau jauh ke luar jawa atau luar daerah.

Terkait dengan prospek yang lain, yang mana sudah saya jelaskan diatas. Prospek kerja Lulusan D4/S1 K3, yaitu :

  • Manufacture (Pabrik-pabrik kimia, mesin/automotif, farmasi, dll). Misalnya : Astra, Coca Cola, Kimia farma, Pupuk Kaltim, Semen Gresik, INKA, dll.
  • Pertambangan (maining and coal). Misalnya : ANTAM, BUMA, PAMA, FREEPORT, Adaro, SIS, dll.
  • Oil and Gas (minyak dan gas). Misalnya : Badak LNG, Pertamina, Chevron, ConPi (Conoco Philip), Total, Exxon Mobil, Cnooc Ltd., dll.
  • Construction (pembangunan/konstruksi gedung, jalan, dll). Misalnya : WiKa (Wijaya Karya), Adhi Karya, dll.
  • Garmen/Textile.
  • Rumah Sakit.
  • Dosen (pengajar di Poltekes, namun sekarang harus menempuh S2 dahulu sebagai syarat minimal pengajar/dosen, pilihan melanjutkan studi di dalam dan luar negeri. Misalnya : UNAIR, UI, dll).

Mengenai gambaran mata kuliah program studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, antara lain: HI (Higiene Industri, Keselamatan Kerja, Kesehatan Kerja, Gizi Kerja, Perundang-undangan K3 dan Ketenagakerjaan/Jamsostek, SMK3 (Sistem Manajemen K3), Pencemaran lingkungan, sanitasi lingkungan, Amdal, Audit K3, Fisika kesehatan, Biokimia, Biologi, manajemen limbah, toksikologi industri, ergonomi, dan di akhir semester (kalau tidak salah ada semester 6 atau 7 ada penjurusan/peminatan, seperti K3 Oil and Gas, K3 Pertambangan, K3 Construction, K3 Rumah Sakit, K3 Manufacture), dan mata kuliah lainnya yang berkaitan dengan K3.

Program studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) memang sedang naik daun saat ini. Prospek kerja sangat luas, hampir di SEMUA sektor industri ada dan harus ada K3 (terkait pelaksanaan UU K3 No. 1 tahun 1970, UU tentang ketenagakerjaan No. 13 tahun 2003, PP tentang wajib SMK3 di semua perusahaan, dan peraturan-peraturan lainnya) atau menjadi PNS di Rumah Sakit/Puskermas atau Dosen di Universitas/Poltekes/Politeknik. Apalagi dengan adanya program pemerintah yang mencanangkan “2015 semua perusahaan harus sudah mempunyai ahli K3” membuat prodi K3 semakin booming dan banyak dicari, bahkan tidak hanya dari lulusan asli prodi K3 saja yang merebutkannya, seperti prodi Teknik Industri, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, dan yang lainnya bisa ikut merebutkan posisi K3 di perusahaan. Jadi, seiring berjalannya waktu karena lulusan yang lain tidak mungkin menjadi professional di bidangnya bisa jadi lahan-lahan kerja yang bukan bidangnya bisa di isi oleh lulusan prodi lain, karena memang berkaitan dengan “Kerja/Bekerja” apapun bisa terjadi.

Yang perlu diketahui juga, nanti lulusan D4/S1 K3 akan bekerja dalam sebuah departemen HSE (Health Safety Environment) atau OHS (Occupational Health and Safety) perusahaan sebagai safety Officer atau safety Professional atau HSE Manajer.

 

 

Selesai ditulis oleh Fauzi Jatmiko, Senin, 01 Juli 2013

di Pagi nan sejuk dan cerah dukuh Tunggul, Weru, Sukoharjo.

 

            Referensi :

HI-MAGZ “magazinze from himakesja K3 FK UNS”. The First Step. Edisi Perdana Mei 2013.

 

 

127 thoughts on “Prospek Kerja K3

  1. masih bergelut di semester 6 saya,, Insya Allah 2 thn lg lulus,, amin…

  2. Kalau lulusan D3 bsa nggk jdi PNS ?

  3. Kak mau minta sarannya, lebih baik ngambil D3 atau D4 di Uns ? Lalu jika ngambil D3 apa bisa neruskan ke S1 ?
    Terimakasih.

    • Gimana ya dek. Bukan saya menjelekkan D3 hyperkes. Tp memang perlu banyak pertimbangan.
      1. Untuk kedepannya mulai 2015 dipkoma tidak boleh melanjutkan ke sarjana. Bolehnya linier. D3-D4-spesialisasi2-spesialisasi3.
      2. Untuk D4 K3 uns sudah di re akreditasi sekarang akreditasinya B.
      3. Sudah di bentuk program cpns di kemenkes untuk lulusan D4 K3 uns untuk nantinya kerja di institusi kesehatan macam rumah sakit, puskesmas,klinik.(K3 uns yg sudah diakui kemenkes)
      3. InsyaAllah, secepatnya uns akan membuka spesialisasi 2 K3 (semacam pascasarjana terapan. Kaya D4 gelarnya SST–> sarjana sains terapan, kalo spesialisasi 2–> magister sains terapan) dg konsentrasi HSE dan K3 RUMAH SAKIT
      4. Kembali lagi kedirimu dek, memang K3 masih muda di banding Hyperkes. Tp insyaAllag sama-sama baik.
      5. Kalo D4 tak perlu transfer ke S1 soalnya kita sudah setara S1.
      6. Alhamdulillah, peluang kerja D4 jg tidak kalah dg sarjana bahkan banyak dicari oleh perusahaan.
      CMIIW, kalo ada pertanyaan lagi. Monggo dek. Kalo bisa tak jawab. Ya tak jawab.
      7. Kalo hyperkes lulusannya sudah banyak tentu link dr alumni jg banyak. Akan tetapi kita jg punya kesempatan yg sama bahkab lebih banyak terkait dg jd pns di kemenkes maupun kerja dibawah kemenakertrans.

      • gini kak saya mau kerja di perusahaan seperti oil, batubara, atau pupuk. nah saya boleh minta sarannya ngambil D3 atau D4 K3 atau hiperkes, saya masih agak bingung bedanya hiperkes sama K3.
        Terimakasih

      • kalau saya ya dek, dulu waktu ngambil D4 K3 dg pertimbangan tidak perlu transfer ke S1 soalnya kita juga Sarjana (Sarjana sains terapan) shg ndak perlu transfer segala, malah bisa lanjut ke S2 gitu.
        oh ya, untuk D4 K3 bisa dek kerja di Oil(pertamina,dll), batubara (pama,sis,buma,newmont), pupuk jg bisa.
        kalo D3 juga bagus dek. tp pertimbanganmu bagaimana kalo pengen jadi sarjana kan kudu transfer,sedangkan pada tahun 2015 diploma tidak bisa transfer ke S1. kalo bedanya dikit dek (ranah kerjanya sama). kalo D4 K3 bisa kerja jadi cpns/k3 rumah sakit, ini gambaran umumnya.

      • Jadi kesimpulannya untuk saya, lebih baik milih D4 K3 UNS ? owh ya tadi belum di jawab kak yang bedanya hiperkes sama K3 apa keunggulannya apa kekurangannya yah dari masing-masing.
        Terimakasih.

      • yen dirimu memang pengen ke S1 mendingan langsung FKM dek, tp kalau memang pengennya fokus ke K3 saran saya D4. Ranah kerja hampir sama dek, bedanya D4 K3 Uns (mulai lulusan 2014 bisa daftar cpns untuk bekerja dikemenkes untuk kerja di K3 RS). dari segi materi hampir sama dek, bedanya di D4 ada mata kuliah ilmu manajemen. keunggulan hyperkes: udah berdiri sejak 1984, link banyak, di uns ada 2 kelas tentu lebih banyak porsi mahasiswanya. kekurangan: kalau pengen S1 harus transfer kalau univ lain (swasta) masih menerima transfer gpp, tp kalau tidak? malah susah ngulang dari 0 lagi. kalau D4: sudah setara dengan S1, selain tambang,oil,manufacture,dll jg bisa jd cpns/pegawai negeri di lingkungan kemenkes. alhamdulillah, tahun ini keluar akreditasi B. meski A hanya kurang 8 point, bisa lanjut S2/spesialisasi 2 (MST=Magister sains terapan), kurikulum sudah disempurnakan, kalo gak buka 2 kelas, ya 1 kelas (saingan jg semakin ketat mulai 2012 kebawah, soalnya K3 FK UNS sudah mulai dikenal luas) mahasiswa jg sudah heterogen tdk hanya dari jawa, tp luar jawa jg ada. kelemahan: masih terbilang muda, link alumni masih sedikit/tp seiring berjalan waktu bisa dapat link dari info2 yg lain,

      • owh gitu, makasih atas sarannya kak.
        masih boleh nanya-nanya lagi kan nanti kalau ada yang gak di mengerti lagi ? hhe
        Terimakasih.

      • Boleh banget dek, silahkan tanya dek. Bisa kirim ke email.ku langsung atau lewat komenan.:D
        Terima kasih dek, atas kunjungannya di blog saya. Sedikit pengetahuan yg saya bagi semoga bermanfaat.

  4. Blog walking ajahhh..🙂

  5. kaka mahasiswa uns ya? gini kak saya berminat masuk juruaan k3 di uns kira2 peluang masuknya besar ga terus peminat tahun kemarin banyak ga terus yg keterima berapa siswa. saya j.ipa dari sma provinsi banten.

  6. Salam kenal..
    Saya novi dari D4 Teknik K3 PPNS-ITS. Iseng2 liat blog ini dan tertarik jg akhirnya. Skg saya masih menempuh semester akhir dn insya allah tahun ini lulus. Memang benar, prospek K3 sangat besar, ini dilihat dari banyaknya job vacation dari berbagai perusahaan yg membutuhkan AK3. Semoga ilmu yg kita dapatkan bisa berguna untuk masa depan bangsa ini🙂

  7. Maz, salam kenal, q Risma, lulusan S1 Kperawatan UNEJ. Mau tnya nih, kira2 lulusan kperawatan bisa ngambil S2 K3 gak ya?? n propsek kerjanya tuh D4 ama S2 banyak yg dbutuhin yg mana kira2? aq tertarik bwgt ama K3 soalnya,, mkasiih yah sbelumnya,,

    • Salam kenal jg mbak rizma, mungkin saya sendiri masih awam mengenai pertanyaan mbak. Tp, dr keperawatan bisa kok ngambil S2 K3, bisa di UI atau UNair barangkali seperti itu.
      Kebanyakan sih mbak lebih banyak D4/S1 soalnya kalau tarafnya S2 freshgraduate pihak perusahaan tentu tidak mampu/pikir2 lagi terkait dengan gaji yg akan diberikan kpd S2 kecuali sebelumnya sudah di perusahaan tsb. Kemudian untuk menaikkan jabatan belajar S2.
      Tapi kalau memang pengen S2 K3 kalau tidak di perusahaan bisa jadi dosen K3 aja mbak. Ohya, setahuku kalau perawat jg bisa kok bekerja di bidang K3 paramedis. Bisa jd perawat di perusahaan. Tapi kalau njenegan pengen kerja di bagian HSE/K3 ikut kursus/pelatihan AK3U aja mbak, tp biayanya mahal 5-10jt.
      Mungkin seperti ini mbak, jawaban yg bisa saya berikan. Semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kata2 yg kurang berkenan, terima kasih telah mampir di bloog yg sedherhana milik saya ini.
      Semoga sukses kak…:)

  8. Assalamualaikum kak, maaf ganggu. Mau nanya kak saya masih kelas 12 sma, saya ingin sekali masuk K3 kak tpi saya masih bingung tentang D4/S1 itu kak, bisa dijelasin gak kak? makasih

    • Maksud saya perbedaan D4 dan S1 K3 itu kak, makasih

      • Menurut saya, ibaratnya D4 iku SMK dan S1 itu SMA. D4 K3 dr sejak awal tujuan/porsi kuliahnya 60 praktik dan 40 teori sedang S1 sebaliknya. Namun, pengalaman saya kuliah di D4 K3, blum bisa dibedakan antara kuliah S1 dan D4 karena memang blum sepenuhnya penerapan 60%praktek, 40% teori.
        Gelar sama2 sarjana, kalo D4, SST (sarjana sains terapan K3). Sedang S1 biasanya termasuk program peminatan dr kesmas (SKM).
        Tp saya sendiri jg blum tahu mana saja yg ada jurusan S1 K3 yg pelajarannya dr awal sudah menjurus ke K3nya langsung seperti itu. Kalo kesmas kan peminatan K3 kayaknya di smt.5.
        Mungkin ini yg bisa saya jawab dek, kurang lebihnya mohon maaf, salam kenal jg, trima kasih telah mampir di blog saya.

  9. aku mau tanya persyaratan D4 K3 perlu tinggi badan minimal gak?? makasih🙂

  10. Kak Maksudnya 2015 tidak bisa lanjut ke sarjana itu bagaiamana ? terus kalau seumpama kita uda Lulus D4 K3 berarti kita gak bisa ambil S2 gitu tak kak ? maaf masih awam

    • Maksudnya iya seperti yg dek Faisal katakan. Untuk D4 K3 lulusannya udah Sarjana kok (S.ST) sarjana sains terapan. Kalo aturan tersebut belum di berlakukan kita bisa langsung ngambil S2 setelah lulus dr D4 K3. Akan tetapi kalo bener diberlakukan. Kita lanjut ke spesialisasi 2. Hampir sama dg S2 tp terapan. M. ST(magister sains terapan) kalo di luar negeri di kenalnya dg applied sience

    • Iya dek. Peraturan iku kalau memang berlaku beneran mulai thn 2015 kita tdk bisa lanjut ke S2. Akan tetapi kita lanjutnya ke spesialisasi 2 atau setara S2. Sama kaya D4 yg setara dg S1 tp gelarnya S.ST->sarjana sains terapan. Kalau spesialisasi 2 itu M.ST->magister sains terpan.
      CMIIW. Makasih telah mampir di blog saya. Maaf sapanjang pengetahuan saya bisanya jawab itu. Semangat…!

  11. kak, aku baru mau ambil K3 nih. tp aku dari jurusan IPS, kira2 bisa ngga ya ?

  12. oh iya makasih kak sebelumnya🙂

  13. Siang kak, minta sarannya ne, saya lulusan D3 radiology dan ingin melanjutkan study S1 K3, kira2 kalo lanjut S1 K3 bisa d mana ya?
    Trus adakah perbedaan baik dari segi mata kuliah atau pekerjaan ketika lulus, antara JALUR REGULER (SPMB/PPKB) dan JALUR EKSTENSI (Lulusan Diploma III)?
    Bisa email k eenborneoradiologi@yahoo.co.id
    Ditunggu kabar baiknya kak,
    Maaf kalo ada salah penulisan dsb, Makasih…

    • maaf kak tidak bisa bales via email.
      untuk lanjut dari d3 ke s1 biasanya jalur ekstensi. saya menyarankan untuk ambil S1 K3 unair. kalau memang tidak bisa/jalur ekstensi ditutup. alternatif pilihan D4 K3 uns juga bisa. via spmb uns atau umb-pt (jalur pendaftaran terakhir).
      makasih telah menyempatkan mampir di blog saya.

      • Ka saya mau tanya,taun ini saya mau lanjut SKM jurusan K3. Untuk lulusan K3 memang harus pintar bahasa inggris? Sedangkan saya sendiri kurang bisa bahasa inggris. Jadi gimana tuh? Trimakasih tolong dijawab.

      • sebenarnya semua jurusan kalau bisa pintar Bhs inggris. apalagi K3 rata2 memang pengantar dan sumber2nya dari bhs asing. dan perusahaan besar yg aware terhadap K3 pun rata2 pemiliknya asing jadi kalau bisa minimal sedikit tahu/paham mengenai penggunaan bhs inggris ini

  14. Yth. Pak Fauzi, boleh saya minta referensi lulusan Teknik K3, kebetulan kantor saya sedang membutuhkan. terima kasih

  15. kak saya mau tanya prospek kerja antara D3 hiperkes dan D4 K3 lebih banyak mana ya? dan jika ingin mendaftar sebagai cpns lebih banyak peluang yg mana?
    terimakasih

    • Sebenarnya prospek kerja hampir sama kak suci. Karena memang ranah kerja sama dibidang safety.
      Untuk pns yang di ambil dibagian/departemen mana nih? Kalo hyperkes bisa jadi hanya pns di departemen kemenakertrans saja. Kalau D4 K3 bisa di Kemenkes juga.
      Nanti ada seminar nasional dari D4 K3 insya Allah akan membahas itu.

  16. kak dari d3 radiologi lanjut ke k3 s1 bisa kah?

  17. Ka aku mau tanya .. aku mahasiswi baru universitas swasta di daerab kalibata . Aku ambil k3 di unvrsitas itu .aku mau tanya dong ka .. peluang kerja untuk lulusan negri dan swasta itu dibedakan gak sih ?

    • Kalau langsung ditanya seperti itu saya menjawabnya InsyaAllah sama. Tinggal personnya masing2. Karena masalah kerja ditentukan dengan skill individu tersebut, relasi, trus kemauan buat cari informasi dan kerja. Saya lihat K3 stikes binawan jg udah lama berdiri jadi alumni jg sudah tersebar banyak, bisa tuh kamu menjalin komunikasi ke mereka, kepo2 apa saja yg dipelajari dan diterapkan di industri/perusahaan/lapangan.
      Yang penting adek belajar yang rajin. Semangat kuliah, lebih bagus kamu nanti jg banyak latihan magang jg akan menambah wawasan dan pengetahuan ttg K3 di lingkungan kerja.🙂

  18. assalamualaikum kak, saya diki mahasiswa fkm usu. mau nanya ni kak.
    saya mau peminatan kak, saya pilih k3. kan 2015 semua perusahaan sudah diwajibkan memiliki ahli k3 jd gimana nasib kami yg baru tamat stlh 2015 kak. dan dalam k3 kita harus dituntut untuk menguasai apa kak menurut pengalaman kakak sendiri. terima kasih

    • Saya jg tamatan setelah 2015, Allahu A’lam ya, moga2 lulusan dr K3 pekerjaan semakin banyak peeluangnya.
      Saya belum bekerja sih, tapi kata senior, minimal ilmu dasar K3, seperti HIRA, inspeksi, audit, higiene industri, manajemen K3nya, dll. Mungkin baru segini yang bisa jawab. Nanti kalau saya dapat tambahan ilmu/wawasan saya share insyaAllah. Trimakasih telah mampir diblog saya

  19. Assalumaikum ka maaf ganggu ka,mau nanya ka saya kan jurusan ips mau masuk K3 itu peluangnya besar ga ka? ,terus juga ngambil jalur apa ka ?
    Hehe

    • hehehe, sebenarnya tinggal dirimu mas Nicko. kalau kamu sudah siap dari sekarang buat belajar materi2 IPA buat tes SPMB/UMB-PT soalnya kalau pmdk kan gak bisa, K3 itu program IPA soalnya. nah, kamu bisa masuk lewat spmb’uns/umb-pt.
      insyaAllah sama besar asal dirimu siap tembur dalam tes masuk tersebut.

  20. Saya juga kebetulan mau di uns ka

  21. Salam..Subhanallah.. Joss bgt,semangat dek fauzi…!!!

  22. salam kenal saya bayu kalau lulusan k3 apakah bisa daftar TNI atau polri terimakash kak

  23. asssalamualikum …
    maaf mas menggu saya ingin tanya apakah k3 uns menerima mahasiswa tranfer dr d3 kebidanan?

    • waalaykumsalam.
      kalau transfer gak bisa mbak diah, soalnya beda ranah. Bisanya ikut dari awal jd nani tetap 4 tahun. asal umur sebelum 24 maksimal mbak diah.

      • ow githu ya mas… saya sbnrnya agak bingung… sedikit crta yo mas… kan ada s1 ilmu kes mas yg didalamnya ada k3nya… nah kmrin tmn saya d3bidan ada ambil k3 ktnya sich. 2,5thn… nah yg d4 diuns ini bedah kah mas?

      • iya mbak diah, monggo kalau mau pengen cepet dan transfer ya ambil di S1 Kesmas mbak. tapi kalau di UNS beda mbak ya dari awal jadi nanti 4 tahun

  24. ow begitu ya mas… hehe maap maklum saya tdnya bingung… terimakasih banyak infonya mas.. sangat membantu…

  25. mas, saya ibnu. boleh minta nomer hp?

  26. Ass k3 banyak kah mahasiswa wanita tks

  27. Ass Kak kalau mau ikut jalar pmdk uns 2015/2016 bisa ngga dari lulusan 2014?

  28. Maaf menganggu kak, salam kenal saya fian, saya bisa minta pin bbm/line nya ga kak? Buat nanya nanya tentang d4k3 di uns kak?

  29. Kak saya Ardian dari Medan. Mau nanya, untuk spmb UNS jurusan K3 materi yg perlu saya pelajari apa ya kak? Soalnya saya dari jurusan ips saat SMA. Dan sedang kuliah di jurusan akuntansi, ingin pindah ke K3 UNS tahun ini kak.

  30. Assalamualaikum mas, kalau d4 k3 lanjut s2nya dimana ya? Makasih.

  31. Mas saya mau tanya, d3 hiperkes itu ntar kalo mau nglanjut kuliah bisa ke d4 k3 gak? Aku baca2 di komen atas kalo d3 mau nglanjut kuliah harus urut d3-d4-s1 dst. Hla kalo mau langsung transfer s1 knp gak bisa? trus kalo mau ngambil s1 lulusan hiperkes bisane ngambil yang jurusan apa? Maaf saya masih baru jadi harap dimaklumi. Hehehe… saya mahasiswa baru d3 hiperkes 2015.😀

    • kalau lanjut ke D4 K3 UNS sejauh ini gak bias. Tetapi langsung transfer ke S1. banyak pilihan saya mengamati lulusan D3 Hiperkes banyak yg transfer ke S1 FKM UI, UNDIP, UMS, dll. Jangan khawatir. Bukan gak bias paling dirimu belum paham dan salah mengerti. Tenang saja. Keep struggle, belajar yang baik dan berprestasi akademik maupun ekstrakulikulernya. inysaAllah kalau ada niat untuk transfer ke S1 inyaAllah bias..!!!

  32. Permisi numpang Tanya kalo’ Dr s1 kperwatan bisa ap TDK y kerja d k3, soalny saya udh trlnjur ambil kprawatan smster akhir soalny dulu blm taw ad jrusan k3..? Mohon jawabanya,

  33. asalamualaikum. saya wulan, saat ini saya mahasiswi FKM semester 5. untuk peminatan saya tertarik pada jurusan K3. nah bisa digambarkan bagaimana kuliahnya ? dan apakah bisa diterima saat dilapangan wanita sebagai ahli K3 ?

    • Beda mbak untuk peminatan K3, mungkin bisa buka di silabus fkm ui/undip. Kuliah untuk peminatam k3 ya kaya begitu. Hehehe
      Bisa banget. InsyaAllah gak ada masalah mbak. Tinggal kemampuan mbak untuk bergelut dg lapangan

  34. mas mau tanya, saya baru saja lulus d3 keperawatan 2015 ini, saya mau minat ke k3 , apakah bisa jalur transfer? dan dimana yaa?

  35. mau tanya lagi, terkendala akreditasi kampus mas kemarin sudah coba ternyata tidak bisa? ada saran kah, untuk kuliah di mana gt? dan lebih ke S1atau D4?

  36. yang namanya hidupkita gak tau kan mas.
    dan kebutuhan kelak pasti diperhitungkan.
    apalagi saya laki laki pastinya harus menafkai istri.
    biasanya lulusan dari K3 apakah dari penghasilan menjanjikan ?

  37. kk ada info terbaru tentang k3 uns??

  38. kk ada info baru tentang k3 uns??
    insyaallah tahun ini saya mau daftar

  39. dibutuhkan calon dosen lulusan s2 bidang K3, bagi yang berminat silakan kontak sapto via email saptonoto@ymail.com

  40. Kak saya klas 12 mau daftar di vokasi uns. ada 2 pertanyaan yang saya tanyakan kak.
    1. saya punya piagam robotik tiingkat nasional, lbh baik saya ambil pmdk yang jalur akademik, atau yg jalur prestasi khusus? Dan peluangnya besar mana kak?
    2. Apa kah dari d3 hyperkes dan kk uns nanti bisa melanjutkan d4 k3 di uns juga?

  41. Kak, saya mau bertanya, apakah lulusan K3 nantinya ketika ingin mencari pekerjaan dilihat tinggi badan ya? Minimal 165cm? Bener ga kak? Soalnya tinggi saya cuma 145 tapi saya ingin masuk K3:'(

  42. Ass. Saya jurusan k3 tapi di universitas swasta dipadang. Dan hanya sampai d3. Bagaimana rencana saya selanjutnya menurut kakak?trims

    • Terima kasih telah mampir di blog saya Imelda, hehe, terus terang saya kurang tahu. Pilihannya ada ditanganmu. Kalau mau menjdi dosen ya harus kembali melanjutkan ke jenjang pendidikan yg lebih tinggi misal transfer ke S1 K3 FKM. Atau kalau mau kerja ya langsung cari kerja. Seperti itu saran dari saya.

  43. Ass, ka
    maaf ganggu,saya hanya ingin tanya saya lulusan tahun ini,kira” kalo masuk ptn bisa gak untuk smk swasta? seberapa persen smk bisa masuk ptn?
    sebelumnya terima kasih

    • Bisa saja dek, peluangnya sama 100% juga. Sekarang tidak berbeda antara sekolah menengah negeri maupun swasta. Tinggal pribadi masing-masing mau berjuang, semangat belajar, seberapa keras, kuat, cita-citanya.

  44. Oh gitu ya ka,saya kira smk cuma bisa jadi anak tiri masuk ptn, oia ka kalo misalkan masuk uns sebaiknya masuk jalur mana ka? kalo pas lulus nanti apakah sama banyaknya yang dibutuhin persyaratannya cewek dengan cowok?

    • soal anak tiri atau tidak itu tergantung persepsimu dek. kalau kamu beranggapan sebagai anak tiri ya akan menjadi anak tiri betulan. kamu kalau sarjana bisa manfaatkan jalur snmptn dan sbmptn, kalau diploma bisa manfaatkan jalur pmdk dan spmb maupun SMUNS (seleksi mandiri bisa untuk diploma maupun sarjana) silahkan kepo jalur masuk ke web uns langsung. tidak ada beda untuk syarat cewek maupun cowok. kecuali kebidanan harus cewek semua.

  45. Saya irvan mas, baru lulus dari keperawatan poltekkes lampung, saya mau tanya sebaiknya saya ngambil pelatihan hyperkes apa k3 umum buat kerja di perusahaan? Sedangkan besik saya perawat. Mohon pencerahannya

    • Hehe, mohon maaf untuk sms mas Irvan tidak saya balas karena pulsa habis. Kalau saya sih monggo mas Irvannya saja. kalau perawat diperusahaan juga bisa kan mas? mungkin ambil Hiperkes dahulu nanti kerjanya di klinik perusahaan atau kalau mau ambil dua-duanya juga tidak mengapa. k3umum juga bisa.

Leave a Reply

