IKATLAH IMPIAN ANDA!

 

pulpenImpian ternyata mempunyai peran penting bagi manusia. Pada fase tak sadar, impian membantu otak menjadi stabil dan tenang. Demikian juga pada fase sadar, manusia juga membutuhkan impian, karena dia adalah awal dari penemuan-penemuan dan kemajuan peradaban, impian juga urgen bagi kehidupan pribadi seseorang.

Yang diperlukan adalah manajemen impian agar impian-impian itu termanifestasi dalam kehidupan Anda. Bagaimana caranya?

KEYAKINAN DIRI YANG MEMBATASI

Langkah mendasar manajemen impian Anda adalah menyingkirkan keyakinan-keyakinan diri yang membatasi Anda sendiri.

Pernahkah Anda ingat, Anda ingin melakukan suatu pekerjaan tertentu, tetapi Anda berkata pada diri anda sendiri, “Tidak, saya tidak mampu melakukannya.” Kemudian, diri Anda meyakinkan Anda untuk menanggalkan impian itu.

Apa yang menghalangi Anda, mereka, dan kita untuk mewujudkan impian-impian pribadi? Jawabannya adalah dua kata: zona nyaman.

Zona nyaman adalah perasaan yang tercipta sari suatu tindakan yang kita lakukan beberapa kali, rutin, dalam waktu yang cukup sehingga kita merasa “segalanya sudah oke-oke saja”. Manusia adalah makhluk yang tergantung kepada kebiasaan. Manusia melakukan suatu aktivitas, dan dengan segera merasa nyaman dengan kegiatan tersebut. Mereka kemudian enggan untuk mengubah apapun yang tengah mereka lakukan, bahkan jika mereka sebenarnya tidak bahagia dengan keadaan itu.

Mereka merasa cukup puas dan berpuas diri dengan hal yang mereka punya. Pada akhirnya, mereka menjadi takut untuk berubah. Mereka kemudian terjebak dalam rutinitas, lalu semakin terperosok dan akhirnya mereka buang jauh-jauh keinginan untuk meningkatkan kehidupan mereka.

Jika kemudian ada ide atau impian yang merenggut kita dari zona nyaman, maka kita akan merasa gelisah dan tidak nyaman. Lalu kita akan mencari sebab-sebab yang membuat kita tidak mengerjakan sesuatu yang baru karena rasa tidak nyaman itu.

BEBAS DARI ZONA NYAMAN: BUATLAH DAFTAR MIMPI ANDA

Cara untuk membebaskan diri dari belenggu tak terlihat ini adalah dengan membuat daftar impian. Ikatlah mimpi anda dengan menuliskannya! Kenyataan bahwa Anda dapat menuliskan sesuatu yang sangat Anda dambakan suatu hari nanti menunjukkan bahwa ada kemungkinan saat ini Anda menyimpan kemampuan untuk mencapainya.

Seorang Kaisar romawi, Marcus Aurelius berkata, “Janganlah Engkau pernah berfikir tentang sesuatu yang sulit dilakukan pasti di luar kemampuan manusia. Jika orang lain mampu, maka itu pun mungkin bagimu.

Ambil sehelai kertas, tuliskan kata “Daftar Impian” di atasnya. Garis bawahi kata-kata tersebut, kemudian tuliskan dibawahnya semua hal yang terpikirkan oleh Anda yang paling Anda inginkan jika Anda tidak memiliki keterbatasan apa pun.

Biarkan pikiran anda melayang selagi Anda menulis. Akan ada banyak waktu nanti untuk mengatur dan mengevaluasi kembali mimpi-mimpi Anda itu.

SEBERANI APAKAH IMPIAN ANDA?

Tanyakanlah kepada diri Anda, “Satu hal terbesar apa yang berani Anda impikan jika Anda tahu bahwa Anda tidak akan gagal mencapainya?”

Jika terdapat jaminan absolut bahwa satu sasaran Anda akan tercapai, besar ataupun kecil, jangka panjang atau jangka pendek, apakah yang akan Anda pilih?

Jika Anda dapat memilih pekerjaan, pekerjaan apa yang Anda inginkan? Jika kehidupan keluarga Anda dapat menjadi sempurna di segala aspek. Seperti apa kira-kira bentuk hubungan antar anggota keluarga Anda yang terbayang di benak Anda? Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jelas, kemudian tuliskan jawaban-jawaban Anda itu.

LANGKAH AWAL MENGURUS MASA DEPAN

Mulailah menciptakan masa depan ideal Anda dengan cara menyusun “daftar impian.” Anda tuliskan semua yang ingin Anda raih, Anda lakukan dan miliki. Lalu mulailah menyaring daftar Anda, langkah demi langkah, sehingga Anda dapat mengembangkan cetak biru hidup Anda.

Henry David Thoreau mencatat, “Sudahkah Anda membangun istana Anda di awing-awang? Bagus, karena memang di sanalah seharusnya sebuah istana itu dibangun. Nah, sekarang melailah bekerja membangun pondasi di bawahnya.”

Kemampuan Anda untuk menetapkan sasaran-sasaran dan kemudian membuat rencana pencapaian sasaran tersebut merupakan keahlian utama mencapai kesuksesan Anda.

Selamat untuk Anda! Dengan mendaftar impian-impian Anda, Anda membebaskan diri dari zona nyaman Anda untuk memasuki kehidupan baru yang lebih dahsyat, InsyaAllah.

 

Fauzi Jatmiko, Tunggul Weru, Weru Sukoharjo,

Jum’at, 19 Juli 2013.

Referensi:

Majalah Nikah Volume 8, edisi 3 (15 Juni – 15 Juli 2009)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s