Menakertrans RI Targetkan 2015 Indonesia Berbudaya K3

Keselamatan dan Kesehatan Kerja sebagai bagian dari karakter yang harus diciptakan, sehingga kita memiliki target 2015 Indonesia berbudaya K3

ImageMenteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengingatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah bagian dari karakter yang harus diciptakan di lingkungan perusahaan agar tercapai target 2015 Indonesia berbudaya K3. Pelaksanaan K3 merupakan salah satu aspek perlindungan tenaga kerja yang sangat penting, karena akan mempengaruhi keselamatan, kesehatan, produktivitas dan kesejahteraan tenaga kerja. “Keselamatan dan Kesehatan Kerja sebagai bagian dari karakter yang harus diciptakan, sehingga kita memiliki target 2015 Indonesia berbudaya K3,” ujarnya. Pihaknya, dalam dalam rangka mengurangi angka kecelakaan kerja, juga mengimbau seluruh gubernur, bupati maupun walikota untuk terus melakukan upaya konkret pelaksanaan K3. Data Kemenakertrans tahun 2010 menyebutkan terjadinya penurunan kasus kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja (PAK) disbanding tahun sebelumnya. Sampai akhir 2010, tercatat 65.000 kasus kecelakaan kerja, sedangkan pada 2009 tercatat 96.314 kasus dengan rincian 87.035 sembuh total, 42 cacat total dan 2.144 meninggal dunia.

Untuk mendukung program tersebut pihak Kemenakertrans juga telah membuat video sosialisasi K3 dengan tema “Saya Pilih Selamat” yang bekerja sama dengan Menteri Perhubungan, LSP Migas, Kepolisian dan juga beberapa perusahaan lainnya dalam pembuatan video tersebut, tujuan pembuatan video “Saya Pilih Selamat” sekaligus memperkenalkan slogan baru K3 sesuai dengan tema yang diambil. Diharapkan video sosialisasi K3 ini bisa dilihat oleh masyarakat sebagai media pembelajaran untuk menerapkan dan mengutamakan Keselamatan disetiap lingkungan kerja sehingga target Indonesia berbudaya K3 tahun 2015 dapat tercapai.

Fauzi Jatmiko

Kamis, 12 September 2013 ~ 05,58 WIB ~ Surakarta

Daftar pustaka :

ISC Safety News Letter – First Edition

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s