Sudut – Sudut K3 FK UNS

Repost from my old blog. ^_^
ImageAlhamdulillah, sejak pengumuman UMB adalah sebuah awal perjuangan untuk menuju kesuksesan. Setelah pengumuman SNMPTN yang membuatku menangis, menjerit tak berdaya melawan takdir bahwasanya aku tidak lolos SNMPTN baik pilihan pertama maupun kedua. Tapi pengumuman itu bagaikan air hujan yang membasahi ladang

yang kering kerontang tidak ada dan tidak bisa ditanami tumbuhan bila tanpa hujan, dan air hujan itu ibarat pengumuman UMB-PT dan ladang yang kering kerontang adalah diriku. Dan pengumuman ini, menjadi balasan atas kekalahan di perang pertama. Sekali lagi aku mengucapkan syukur Alhamdulillah atas rencana-Nya yang indah ini.
Oke, this is first step to reach my dream.
Pertama kali aku datang, aku menyangka kampus tempatku study berada di kampus FK kentingan namun ternyata di kampus FK kentingan hanya untuk kuliah tertentu saja, misalkan praktikum biologi, mikrobiologi, anatomi, kimia, dan mata kuliah yang lainnya. Hehehe,,, mungkin aku terlalu polos dalam menyikapi fakultas dimana prodiku di naungi yakni Fakultas Kedokteran. But, this is journey friend meski tidak dipusat tapi hampir seluruh kegiatan hampir berada di kampus FK kentingan sana. Meski capek tapi inilah perjuangan untuk mewujudkan cita-cita.
The next, Welcome to Tirtomoyo Campus.
Ini dia yang membuatku tak percaya dan sedikit agak  kecewa, but this is anugrah and nikmat yang harus di syukuri dalam rangka mewarnai perjalanan study di prodi D4-K3 ini. Oh ya, aku pernah membaca sebuah tulisan “Don’t look something from cover”, nah itulah yang membuatku mensyukuri dimana, bagaimana bentuknya tetapi dari tempat inilah awal kejayaan D4-K3 FK UNS di rintis oleh orang-orang yang memikirkan keadaan dan kesempatan yang akan datang di masa mendatang.
Tirtomoyo Campus Corner.
Tidak bisa di bayangkanlah, banyak orang mengira kampus kedokteran itu megah, bersih, indah, nyaman, dan enak dipandang tapi meski cover the tirtomoyo campus agak meragukan tapi apa yang di imajinasikan oleh banyak orang itu memang benar kok, meski proses megah itu perlu banyak waktu. Oke, tirtomoyo campus di huni oleh tiga prodi yang berada di bawah naungan Medical Faculty of Sebelas Maret University, yaitu D4-Keselamatan dan Kesehatan Kerja, D3 Hyperkes dan KK, dan D3 Kebidanan.
But, di sini aku hanya akan membahas tentang prodiku yakni D4-K3 karena aku sendiri juga mahasiswa K3. Untuk ruang kuliah yang dimiliki oleh K3 masih sedikit dan belum bisa dikatakan memenuhi persyaratan tapi tidak apalah yang penting nyaman buat belajar. Ada 4 ruang kuliah setahuku, RK 1 untuk angkatan 2012, RK 2 untuk 2010, RK 3 untuk 2009, dan RK 6 untuk 2011, tapi di RK 6lah merupakan ruang kuliah yang fleksibel, yang paling nyaman (menurutku) tapi salah satu dosen favoritku hanya mau mengajar di RK 6 yakni Prof. Dr. Dr. Santoso, Sp. Ok (beliau juga merupakan ketua pengembangan prodi K3 di FK UNS ini). Sedangkan untuk kantor ada ruang administrasi, ruang satff dan pimpinan, dan ruang dosen.
Di depan RK 1 ada sebuah taman yang ada air mancur mini, indah, syahdu ketika pagi hari aku mendengar dan melihat air mancur menjulang tinggi, nah, menurutku paling asyik juga RK 1 selain ada taman di depannya, aku dan teman-teman sering duduk-duduk, ngerjain tugas, ngobrol di depan RK 1. Tapi yang paling aku suka juga, ketika duduk-duduk di depan RK 1 lihat pemandangan yang indah dan menawan yakni melihat anak-anak kebidanan mondar-mandir serta kadangkala ada yang duduk-duduk, belajar di depan kelasnya. (asyiknya dapat ruangan di depan ruang kuliah  anak-anak kebidanan, hehehe…)
Ini juga tidak kalah penting, yakni susunan manajemen prodi K3 yang mungkin sebatas aku tahu saja. Untuk top manajemen di pegan oleh Ibu Dra. Ipop Sjarifah, M.Si, sekretaris di pegang oleh Ibu Lusi Ismayenti, ST, M. Kes (beliau juga sebagai pembimbing kademikku), kemudian midle manajemen di pegang oleh Ibu Khotijah, SKM, M. Kes. Trus low manajemen atau staf pendukung kegiatan para manajemen ada pak Sardi, mas Erfan, mbak Ica, mas Sigit, pak edi, dan yang lainnya yang aku sendiri juga lupa. Hehehe…V^^. Dan yang pasti semua sangat berharga bagi perjalan D4-K3, dan semua mahasiswa serta para alumni menjadi a important part of K3.
Sekali lagi Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah.
Aku telah menjadi mahasiswa D4-K3 FK UNS. Aku berjanji pada diriku sendiri tidak mau melakukan tindakan yang galau (nyoba UM UGM) buang-buang waktu dan biaya. Sudahlah di K3 saja, prospek menjajikan, apalagi indonesia sedang giat-giatnya menggalakan dan mengkampanyekan “Utamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja” dalam rangka menyongsong Indonesia berbudaya K3 2015. Indahnya takdir Allah ta’ala, meski kadangkala aku dengan sombongnya melalaikannya dengan kufur akan nikmat-Nya, meratapi kegagalan, tapi aku juga berjanji mulai sekarang tidak ada kegundahan, tidak ada kegalauan, tidak ada kesedihan, yang ada kesenangan, nikmat, melodi, simphony,dan jalan (way of may dreams).
Maaf, malah menjadi ajang curhatan, tapi ini akan menjadi bagian dari coretan-coretan yang kelak di masa suksesku akan aku buka dan aku baca sebagai ajang nostalgia mengingat coretan indah ini.
 
Selesai ditulis oleh : Fauzi Jatmiko
Tirtomoyo Campus, 29 November 2012, 10:42. Surakarta, Indonesia.

2 thoughts on “Sudut – Sudut K3 FK UNS

  1. Kak, kalo dari jurusan IPS bisa gk?

    • Bisa sih dek, biasanya lewat ujian tulis (spmb uns-lokal diploma uns). Kamu bisa ambil ipc, atau ipa saja. Kalo Kamu bisa lolos tes InsyaAllah dari ips pun bisa. Teman2 seangkatanku saja ada juga yang dari ips dan smk.

Leave a Reply

