SCAT12MA (Sebuah Nama, Beribu Kisah)

Bismillahi,

Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hay guys, Gimana Kabarnya? Lama banget saya tidak update. Kayaknya terakhir update bulan september postingan tentang Bidikmisi. Di awal tahun 2015 ini, saya mencoba update postingan mengenai sebuah Keluarga dengan harapan akan melukiskan suatu kisah yang mana akan berlanjut menjadi ribuan kisah dari sebuah keluarga tersebut.

scatisma_副本Guys, perkenalkan keluarga tersebut adalah SCAT12MA.

Sebuah nama biasa yang tidak mengandung arti dan memiliki filosofi yang luar biasa dibanding nama-nama angkatan yang lainnya. Dulu ketika pencetusan nama angkatan K3 FK UNS 2012 banyak pilihan nama dan unik-unik bagi saya. Mulai dari karamel (atau apa lupa saya) sampai nmengerucut ke sebuah nama SCAT12MA. SCAT12MA adalah nama yang diusulkan teman kami yang mana sebenarnya adalah judul dari KTI (karya tulisnya) yaitu akronim dari –Safety Campaign to Implement Management System– akan tetapi banyak pilihan menjatuhkan ke pilihan nama ini. Akhirnya, diputuskan untuk merubah kepanjangan dari SCAT12MA menjadi –Safety Community Twelve Managing Action (Amazing Action)jadilah secara kesepakatan bersama disepakati di Ruang Kuliah 1 D4 K3 FK UNS Kampus Tirtomoyo bahwa angkatan 2012 resmi memakai nama SCAT12MA meski sebenarnya banyak perdebatan yang alot juga untuk penentuan nama ini.

Guys, nama SCAT12MA ini masih bisa dibilang muda lho. Karena kami menyepakati nama K3 2012 baru pada semester 4 kemarin. Ketika itu, saya baru diberi amanah untuk memegang Kepala Rumah Tangga (biasanya disebut Koordinator Tingkat/KOTI) K3 2012 dari sebelumnya dikomando oleh teman kami Putu (Mawapres Utama Diploma UNS 2014), karena suatu hal dan yang lainnya dan dengan pemilihan yang menurut saya agak freak, saya terpilih (meski tidak tahu ini pilihan teman-teman atau tidak) menjadi KOTI K3 2012 pada awal semester 4 sampai saat ini (Allahu A’lam sampai jadi KOTI abadi kata teman-teman).

Lanjut guys, SCAT12MA terdiri dari 50 orang dengan komposisi 19 mahasiswa dan 31 mahasiswi secara de yure dan de facto sampai saat ini. Alhamdulillah meski dari awal sampai 54 mahasiswa dan bertahan insyaAllah sampai kita lulus bersama adalah 50 mahasiswa. SCAT12MA -sebuah nama sebuah keluarga beribu kisah- dengan jargon awal ’’Wani Perih’’ saya rubah menjadi ’’Karena Kita Keluarga’’, karena dari nama yang biasa saya pikir harus punya sebuah slogan/jargon yang memiliki makna yang luarbiasa. Yup, saya mengambil jargon untuk SCAT12MA dari akronim K3 –Karena Kita Keluarga-. Ya, memang SCAT12MA adalah sebuah nama, sebuah keluarga, beribu kisah yang mana memang turut mengisi riwayat pengalaman dari perjalanan 50 mahasiswa. Terutama saya sendiri yang merasakan banyak sekali pengalaman yang luarbiasa (menurut saya meski dibilang biasa bagi sebagian orang lain), kisah-kisah haru biru, suka duka, persahabatan, pertemanan, kekeluargaan, berbedaan, solidaritas, toleransi, dan berbagai kisah dengan berbagai rasa nano-nano sampai kami nanti Graduate’s dan berkeluarga semoga kami bisa bernostalgia kembali 50 mahasiswa di Solo (harapan saya, saya akan panggil mereka kelak).

Masih berlanjut ya guys, kemarin dari sebuah ide menjadikan suatu project untuk keluarga SCAT12MA, kami menemukan sebuah logo dan memiliki sebuah arti dan makna (filosofi) bagi nama angkatan kami D4 K3 UNS 2012 ’’SCAT12MA’’ yaitu ’’SAYAP’’. Hehe, sekilas biasa saja sih dengan nama sayap, akan tapi menurut saya memiliki makna yang berarti bagi saya khususnya dan K3 2012 secara umum. Kenapa logonya SAYAP, sih? Kagak ada yang lain napah? Saya bilang ini adalah Sayap sang Garuda, Sayap sang Elang, Sayap dari burung-burung perkasa yang memang kekuatan dan bisa dibilang raja angkasa (langit biru). Langit biru yang luas, langit yang menakjubkan bagi manusia yang memandangnya, ciptaan yang Maha Kuasa. Sayap ini adalah sayap dari Burung yang kokoh dan kuat untuk menaklukkan angkasa tersebut, untuk mengelilingi dan melihat indahnya pemandangan yang ada di bawahnya.

Singkat cerita ya guys, flashback ke beberapa tahun yang lalu ketika kami dikumpulkan di aula tirtomoyo ketika itu masa OSMARU. Paling mengena bagi saya adalah kata-kata pak dekan FK yang juga Ketua MUI Solo yaitu Prof. Zaenal Arifin Adnan. Ketika itu, kami berada di aula kampus tirtomoyo mendengarkan sambutan dari jajaran FK termasuk dari pak Dekan. Pesan yang disampaikan beliau kepada kami adalah ’’Jangan patah semangat karena kalian berada ditempat kuliah/kampus yang seperti ini, jangan melihat dari luarnya (bangunannya), teruslah belajar dengan giat karena kalian aset FK, bisa jadi kalian ketika lulus nanti bisa mengalahkan kami selaku dokter, kalian ibarat –Burung dalam Sangkar- yang mana ketika masa penangkaran selesai –Burung- tersebut bisa terbang melalang buana ke angkasa, dan langit itu ibarat tempat kerja kalian yang akan kalian jelajahi, nikmati saja perkuliahan disini. Dan kata-kata –Kalian ibarat Burung dalam Sangkar yang nantinya akan terbang bebas melalang buana ke angkasa- saya dengar lagi ketika beliau Pak Dekan Prof. Zaenal menyampaikan sambutan dan ucapan selamat kepada prodi D4 K3 FK UNS dalam rangka syukuran atas hasil reakreditasi BAN-PT mendapat B meski terpaut 8 poin untuk menjadi A. Dari petuah tersebut kami memakai logo/lambang ’’Sayap’’ SCAT12MA yang mana dengan ’’Sayap’’ tersebut kami akan terbang mengarungi samudera angkasa biru yang luasnya tak cukup hanya dilihat dengan satu tempat saja, melainkan perlu dijelajahi agar pesona awan dan dataran di bumi yang diciptakan oleh yang Maha Kuasa dapat kita nikmati untuk mengucapkan syukur ’’MasyaAllah, syukur Alhamdulillah’’ karena pemandangan ini begitu luar biasa keelokkan dan keindahannya J.

Guys, sejujurnya kalau boleh bilang masa paling mengesankan bagi saya adalah di perkuliahan dan masa SMP (SMA tidak begitu meski menyimpan carita tersendiri bagi seorang manusia biasa seperti saya). Ya, di dunia perkuliahan ini banyak pengalaman yang saya dapatkan mulai dari ilmu organisasi, menjalin komunikasi (humjar), begitu memahami arti sebuah Keluarga, pentingnya kedua orang tua saya bagi hidup saya disamping Sang Pencipta Allah Azza wa Jalla dan Rasul-Nya, bertemu dengan orang yang luar biasa yang mana ini sebuah garis takdir yang turut mewarnai perjalanan hidup saya (keluarga baru, Bapak, Ibu, adik-adik dari sebuah ikatan yang tak tahu dari mana awalnya menjadi sebuah keluarga yang InsyaAllah semoga mereka senantiasa dijaga, diberi lindungan, kesehatan oleh Allah Ta’ala juga), bertemu dengan mahasiswa hebat dari delegasi anggota FULDFK se Indonesia, memiliki banyak keluarga (adik-kakak) yang keren, luar biasa, dan prestatif, bertemu praktisi serta dosen yang luar biasa juga. Terlepas itu semua, meski bagi sebagian orang menganggapnya biasa saja, akan tetapi, bagi seorang manusia biasa seperti saya merupakan pengalaman yang berkesan, melukiskan kenangan akan kisah yang bisa saya ceritakan ke anak dan istri kelak.

Intinya mereka semua, teman-teman mahasiswa D4 K3 FK UNS 2012 yang dikenal dengan SCAT12MA dengan Sayap sang Garuda adalah keluarga ke sekian kalinya yang juga berharga dalam hati saya secara khususnya dan seluruh angkatan dan jajaran D4 K3 UNS adalah salah satu yang berharga, ’’Mereka semua adalah orang-orang yang turut mengisi -Lubang di Hati- sesuai jargon SCAT12MA Karena Kita/Kami semua Keluarga’’. Sedangkan beribu kisah tercipta adalah sebuah pengalaman, yang mana saya sendiri juga sulit untuk menuliskannya. Karena Kami adalah Keluarga ’’SCAT12MA-K3 2012’’ semoga kalian (teman-teman saya), keluarga saya ini menjadi lulusan yang bermanfaat bagi umat, bagi diri sendiri, bagi keluarga, bagi almamater, bagi Bangsa Indonesia, dan bagi agama. Semoga kita semua menjadi lulusan yang hebat dan menghebatkan orang lain, yang manfaat dan memberi manfaat kepada orang lain, yang kaya dan mengkayakan orang lain, yang memiliki pesona dan mempesonakan orang lain.

Semoga Allah Azza wa Jalla senantiasa memberi kemudahan, kekuatan, keselamatan dunia akhirat, kesehatan kepada kita semua dalam beribadah kepada-Nya dan meraih apa yang kita cita-citakan maupun kita inginkan. Aamiin.

Salam Safety…!

’’SCAT12MA – Karena Kita Keluarga-’’

 Fauzi Jatmiko

Jum’at Pagi, 9 Januari 2015, 5:47

Guest House Permata Semarang

6 thoughts on “SCAT12MA (Sebuah Nama, Beribu Kisah)

  1. bagus , kebanyakan “guys” nya, but its ok ;D

  2. mantap broo…lanjutkan…!
    Bersama smg kita terbang tinggi menembus angkasa..

    • Kelak saya ingin melihat kalian (teman dan sahabat saya) menjadi apa yg kalian inginkan, membentuk sayap dan mengepakkannya dengan gagah dan melalang buana🙂
      semoga kita dapat terbang menikmati angkasa bersama-sama😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s