Pejuang K3

image

Tagline K3 2015

Terima kasih sebelumnya kepada rekan-rekan yang masih mau membaca tulisan saya. Padahal sudah saya bikin post permintaan maaf akan tulisan saya yang bisa menjerumuskan pembaca terhadap pilihan tertentu.
Terima kasih sebelumnya kepada teman-teman semua karena komentar kalian membuat saya menjadi bingung dan bagaimana saya harus me-replay komentar kalian. Padahal kalau ditelisik di komentar-komentar sebelumnya jawaban saya sudah ada.
Mohon maaf kepada Pembaca yang budiman, saya harus menulis postingan ini. Dikarenakan saya bingung dan galau ketika banyak pertanyaan masuk baik lewat kolom komentar, wasap (WA), Line, Fb, BBM, Twitter, dll. Mohon maaf saya hanya membalas dengan jawaban sekedarnya.
Teruntuk pembaca yang budiman, pertanyaan kalian mengenai peluang saya masuk di K3 berapa? Nilai saya begini? Bagaimana cara mendaftar pmdk? Kuota satu angkatan berapa? Prospek kerja bagaimana? Dan pertanyaan semisal adalah pertanyaan yang umum dan sudah saya bikin postingan mengenai “FAQ”. Mohon pembaca sekalian lebih mau memanfaatkan kemajuan teknologi untuk searching dan membaca, karena jawabannya akan saya lemparkan untuk search di google. Jadilah siswa maupun pembaca yang pintar dan melek teknologi. Disisi lain pertanyaan matakuliah fisika, matematika, kimia masih ada tidak? Terkadang saya enggan untuk menjawabnya dan seolah-olah diri saya bercermin untuk memunculkan pertanyaan, “Belum apa-apa, belum mencoba, belum menghadapi, belum belajar sudah bilang susah, sulits, dan menyerah”. Mental tempe dan kekurangan rasa percaya diri untuk calon mahasiswa. Sedih rasanya padahal banyak usaha masih bisa di tempuh dan malah dihabiskan untuk menanyakan sesuatu yang dapat melemahkan motivasi dan daya juang rekan-rekan.
Saya pribadi adalah mahasiswa tingkat akhir yang berusaha memperbaiki dan menunjukkan pola pikir positif kepada calon pejuang akademisi kampus K3. Bahwasanya kampus atau kuliah mengenai safety, health and envyronment (HSE) itu tidak hanya di UNS Solo (D3 Hiperkes dan KK, D4 K3). Banyak sekali kampus lainnya yang menawarkan program K3. Kalau bisa mencari yang lebih baik kenapa tidak? Bukankan namanya usaha itu hasilnya yang menentukan Allah Ta’ala? Banyak kampus yang menyediakan peminatan K3 dari jurusan Kesehatan masyarakat macam: Undip, UI, Unair, Universitas lainnya baik swasta maupun negeri. Ada juga yang berdiri sendiri sebagai prodi yakni S1 K3 UI pada tahun 2015 baru masuk dalam kancah snmptn dan sbmptn. Ada juga D4 K3 Stikes Binawan, D4 K3 Unida Gontor, D3 Hiperkes Unair, D4 TK3 PPNS ITS. Jurusan lainnya yang kelak bisa jadi HSE / Safety Officer juga bisa dari teknik lingkungan, teknik kimia, teknik industri, dll.
Yang terpenting ilmu HSE bisa dipelajari oleh siapapun dan dari bidang/jurusan apapun. Kalau mau berusaha insyaAllah bisa. Banyak contoh salah satu atau salah dua ada perusahaan yang manager HSE-nya dari background pendidikan Bahasa Inggris atau pendidikan ekonomi. Intinya Siapa saja yang berkompeten dan siap bisa jadi memilih job sebagai HSE atau safety officer di perusahaan.
Mohon maaf kepada rekan yang budiman saya menulis ini. Bukan karena enggan untuk menjawab komentar teman-teman, melainkan karena perasaan bersalah yang jauh lebih besar dari dalam diri saya.

Leave a Reply

