World Day for Safety and Health at Work 2016

Selamat malam Sobat K3L, kali ini saya akan memposting tulisan dalam rangka memperingati Hari K3 se-Dunia tahun 2016 yang jatuh pada tanggal 28 April.
Sebagaimana kita tahu bahwasanya World Day for Safety and Health at Work adalah agenda kampanye tahunan untuk mempromosikan  keselamatan, kesehatan dan bekerja yang lebih baik.

WDSHW ini diperingati setiap tanggal 28 April oleh International Labour Organization (ILO) sejak 2003. Selain itu, pada tanggal tersebut juga telah lama dikaitkan dengan peringatan gerakan serikat buruh di dunia untuk para korban kecelakaan dan penyakit akibat kerja.
Tema pada tahun 2015 yakni “Join in Building a Culture of Prevention on OHS” mengajak seluruh aspek lapisan untuk turut mengambil peran serta dalam membangun budaya pencegahan dalam Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dan pada tahun 2016 mengusung tema “Workplace Stress: A Collective Challenge“, menyoroti bahaya psikologis (Psychosocial hazard and risk) di tempat kerja yang sering dialami oleh pekerja dan merupakan tantangan bersama.

image

Poster WDSHW 2016

Seiring dengan banyaknya pekerja menghadapi tekanan yang lebih besar berkaitan dengan pemenuhan kehidupan kerja modern. Resiko psikologi seperti meningkatnya persaingan, ekspektasi performa yang lebih tinggi, dan jam kerja yang lebih lama turut berkontribusi menjadikan tempat kerja menjadi lingkungan yang penuh tekanan.
Stres akibat kerja secara umum dinyatakan sebagai isu global yang dihadapi semua negara, semua profesi dan semua pekerja baik di negara maju maupun negara berkembang. Dalam konteks yang komplek ini, tempat kerja merupakan sumber resiko psikososial yang penting dan tempat yang ideal dalam melindungi kesehatan dan kesejahteraan pekerja.
Perlu diketahui juga menurut catatan United Nation (PBB), setiap tahunnya dua juta pria dan wanita kehilangan nyawanya dikarenakan kecelakaan dan penyakit yang berkaitan dengan pekerjaan mereka. Disamping itu, ada 270 juta kecelakaan akibat kerja (KAK) dan 160 juta penyakit akibat kerja (PAK) setiap tahunnya, pengeluaran 2,8 trilyun dolar untuk kehilangan waktu kerja dan biaya perbaikan, kompensasi dan rehabilitasi. Kematian, kecelakaan dan penyakit akibat kerja sangat perlu untuk dicegah dan kita mempunyai kewajiban untuk melakukan tindakan tersebut.
Membangun Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di tempat kerja merupakan salah satu cara agar lingkungan kerja menjadi aman dan sehat. Dan budaya ini perlu diterapkan oleh semua level, dimana pemerintan, karyawan dan tenaga kerja secara aktif turut perpartisipasi / ikut andil dalam menjaga lingkungan kerja tetap aman dan sehat melalui penerapan sistem yang baik, tanggung jawab dan wewenang, dan dimana yang paling utama adalah didasarkan pada prinsip pencegahan.
Sebagai praktisi K3L yang akan dan pasti berkecimpung di dunia kerja atau lingkungan pekerjaan tentu menjadikan perhatian tersendiri agar masalah stres di tempat kerja tidak dialami atau berada dalam nilai ambang batas sehingga tidak berujung KAK dan PAK, kita dituntut menghasilkan ide-ide dan menerapkan program yang mana bisa mengurangi bahkan bisa menghilangkan stres di tempat kerja.
Oleh karena itu, Seorang praktisi K3L perlu kerjasama dari semua pihak agar Budaya K3L di tempat kerja tercipta sehingga menurunkan angka KAK dan PAK bahkan bisa menghilangkan KAK dan PAK tersebut. Dan dengan K3L yang membudaya tersebut, kita semua merasa butuh dan perlu akan cara bekerja yang aman dan selamat sehingga lingkungan kerja yang aman dan sehat tercipta dan tentunya kesejahteraan dan produktivitas pekerja pun meningkat.
Sekian tulisan dari saya yang saya ambil dari artikel di situs PBB sekaligus sedikit penambahan. Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

Salam,
Fauzi Jatmiko

Referensi:
– The United Nation. Article: World Day for Safety and Helath at Work 2016. http://www.un.org/en/events/safeworkday/ (Accessed April 27, 2016).

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s